HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial pada siswa SMP. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial pada siswa SMP. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Semarang. Jumlah keseluruhan subjek dalam penelitian ini adalah 82 orang siswa. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Kecerdasan Emosional dan Skala Perilaku Prososial. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial pada siswa SMP dengan nilai rxy = 0,587 (p < 0,01). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan perilaku prososial pada siswa SMP. Semakin tinggi kecerdasan emosional, semakin tinggi perilaku prososial yang dimiliki siswa SMP. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Kecerdasan emosional memberikan sumbangan efektif terhadap perilaku prososial pada siswa SMP sebesar 34,5%.