Daftar Isi:
  • Hingga saat ini tradisi memberi hadiah masih menjadi kebiasaan yang melekat pada budaya masyarakat Indonesia. Salah satu hadiah yang populer diberikan adalah hampers kue kering. Chryscake merupakan bisnis yang menjual kue kering dan hampers kue kering di Kota Semarang. Pada penelitian ini akan dirumuskan strategi pengembangan yang paling sesuai untuk diterapkan berdasarkan analisis SWOT serta analisis IFAS dan EFAS. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 20 responden yaitu pemilik, pesaing, karyawan, dan konsumen Chryscake. Berdasarkan perhitungan skor IFAS dan EFAS didapatkan selisih skor bernilai positif dengan koordinat pada kuadran I yang menunjukkan bahwa strategi yang paling tepat untuk mengembangkan Chryscake adalah strategi progresif atau strategi SO. Pada hasil penelitian ditemukan tiga strategi utama yang sesuai untuk Chryscake yaitu adalah membuka toko daring di aplikasi Shopee, mengoptimalkan promosi daring di Instagram, Tik Tok, dan Shopee, serta membuat konsep hampers kue kering untuk hadiah ulang tahun, wisuda, dan souvenir.