Daftar Isi:
  • Minat beli konsumen dapat terjadi karena adanya dorongan atau stimulus yang diterima oleh konsumen, melalui panca indra konsumen. Stimulus yang dirasakan oleh konsumen dalam penelitian ini dipengaruhi oleh factor eksternal berupa store atmosphere yang dikemas dengan baik sehingga membuat store image yang dapat diterima dan dirasakan oleh konsumen di toko H&M DP Mall Semarang dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan store image terhadap minat beli konsumen di Toko H&M DP Mall Semarang yang dipengaruhi oleh keempat dimensi dari store atmosphere (exterior, general interior, store layout, dan interior (point of purchase) display, dan tiga dimensi dari store image (price, promotion, service). Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan referensi kepada para store merchandiser atau marketing manager suatu toko untuk memaksimalkan suasana tokonya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari penyebaran kuesioner melalui sosial media seperti Line, Instagram, dan Whatsapp. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere dan store image memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen di Toko H&M DP Mall Semarang. Untuk uji yang dilakukan secara parsial pada setiap dimensi dari store atmosphere dan store image menunjukkan bahwa terdapat tiga dimensi yang tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat beli konsumen, ketiga dimensi tersebut diantaranya yaitu exterior, general interior, dan promotion