Daftar Isi:
  • Dalam sebuah perusahaan terdapat karyawan yang memiliki sebuah kompetensi yang terdiri dari kemampuan, pengetahuan, pengalaman, dan sikap kerja yang dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab atas pekerjaan yang dikerjakan oleh karyawan. Keberhasilan seorang karyawan merupakan hasil dari peningkatan kompetensi yang dilakukan karyawan selama bekerja. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi karyawan Gets Hotel Semarang mengenai sertifikasi kompetensi, LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi), TUK (Tempat Uji Kompetensi), GNIK (Gerakan Nasional Indonesia Kompeten). Populasi pada penelitian ini adalah karyawan Gets Hotel Semarang dengan jumlah 78 orang karyawan. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan menetapkan kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 responden. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa karyawan Gets Hotel Semarang mengetahui mengenai sertifikasi kompetensi, LSP (Lembaga Sertifikasi Kompetensi), dan TUK (Tempat Uji Kompetensi). Selain itu, karyawan Gets Hotel Semarang kurang mengetaui mengenai GNIK (Gerakan Nasional Indonesia Kompeten) karena kurang mendapatkan informasi terkait GNIK.