Daftar Isi:
  • Pengembangan UMKM di masa pandemi tetap perlu memperhatikan prinsip etika bisnis. Urgensitas penelitian ini adalah perlunya memperhatikan etika dalam komunikasi bisnis, maka dapat menerapkan aspek komunikasi yang baik sehingga akan meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli produk Loenpia Gang Lombok di Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan etika bisnis saat pandemi oleh UMKM Loenpia Gang Lombok Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Penulis melakukan wawancara kepada pemilik usaha, empat karyawan, kosumen UMKM Loenpia Gang Lombok di Semarang untuk mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan. Berdasarkan hasil pembahasan diatas maka disimpulkan bahwa terdapat sembilan teori yang menjelaskan prinsip-prinsip dalam menjalankan etika bisnis Loenpia Gang Lombok. Berdasarkan Sembilan prinsip diketahui bahwa Loenpia Gang Lombok telah menerapkan Sembilan prinsip sistem tersebu. Kata Kunci : Etika Bisni, Pandemi, UMKM