"PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA SEMARANG PADA MASA PANDEMI COVID-19"
Daftar Isi:
- Dalam dunia kerja, penerapan komunikasi yang baik bagi pegawainya akan dapat meningkatkan kualitas serta hasil kinerjanya, sehingga tingkat pencapaian kinerja suatu organisasi (perkantoran) akan menjadi semakin tinggi. Sebaliknya, jika terjadi komunikasi yang buruk antar pegawainya, maka tidak akan terjalin suatu hubungan yang baik, terjadi konflik yang berkepanjangan, sikap acuh serta dapat berdampak pada hasil kinerja yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal antar pegawai terhadap kinerja pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) Kota Semarang pada masa pandemi Covid-19 yang dilakukan secara daring. Di situasi ini, Pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang berkomunikasi dengan sesama rekan kerjanya melalui telepon atau aplikasi Whatsapp. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang sejumlah 73 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana, uji hipotesis dan uji korelasi pearson dengan bantuan aplikasi IBM SSPS Statistics 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan serta hubungan yang sangat kuat antara komunikasi interpersonal terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang pada saat masa pandemi Covid19. Pegawai kantor Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Semarang memiliki sifat keterbukaan yang cukup tinggi, yaitu dengan jumlah persentase sebesar 8,01% dan sudah bekerja dengan efektif dan efisien, dilihat dari jumlah persentase sebesar 82,88%. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Kinerja Pegawai, Komunikasi Daring