PROSES KOMUNIKASI MASSA SUPORTER PANSER BIRU MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (@panserbiru2001) DALAM MEMPROMOSIKAN BRAND IMAGE PANSER BIRU
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah proses komunikasi massa yang dilakukan oleh suporter Panser Biru. Suporter Panser Biru menggunakan media sosial instagram dalam menyampaikan komunikasi massa. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Data dalam penelitian ini diperkuat dengan data pendukung berupa dokumentasi dan rekaman audio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPP Panser Biru sering melakukan kegiatan sosial yang bertujuan untuk mempromosikan brand image, dan kemudian memilih menggunakan media sosial instagram sebagai salah satu sarana untuk membangun brand image-nya. Instagram dipilih karena. Instagram merupakan salah satu media komunikasi massa. Komunikasi massa sendiri memiliki peran dan fungsi yang berbeda. Peran komunikasi massa berupa (1) pembawa atau penghantar dan (2) jaringan interaktif. Sementara fungsi komunikasi massa yakni (1) fungsi informasi dan (2) fungsi mempengaruhi. kata kunci : komunikasi massa, media sosial, instagram, brand image