Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Hipotesis penelitian adalah ada hubungan negatif antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif-korelatif. Subjek adalah 72 orang mahasiswa Unika Soegijaparanata Semarang yang aktif mengikuti perkuliahan daring di tahun ajaran 2021/2022, yang diperoleh secara incidental sampling. Data diperoleh menggunakan Skala Prokrastinasi Akademik dan Generalized Self-Efficacy Scale (GSES). Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian adalah ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara self-efficacy dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa (rxy = -0,573 dan p<0,01). Semakin tinggi self-efficacy maka semakin rendah prokrastinasi akademik pada mahasiswa, dan sebaliknya. Variabel self-efficacy memberikan pengaruh terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa sebesar 32,83%