HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA SISWA SMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik dalam pembelajaran jarak jauh pada siswa SMP. Hipotesis yang diajukan adalah “ada hubungan negatif antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik dalam pembelajaran jarak jauh pada siswa SMP”. Subjek penelitian adalah siswa SMP Setiabudhi Semarang kelas VII A, VIII A dan IX A. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan google form. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 41 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala Motivasi Belajar dan Prokrastinasi Akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar rxy = -0,651, p<0,01, artinya terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik. Sumbangan efektif motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik pada penelitian ini adalah sebesar 42,38%.