Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara Literasi Digital dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Semasa Pembelajaran Daring. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara literasi digital dengan kemandirian belajar pada siswa SMA semasa pembelajaran daring. Metode penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan mengambil seluruh populasi siswa kelas XI IPS di SMA Mardisiswa Semarang yaitu sebanyak 50 siswa. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Literasi Digital dan Skala Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Semasa Pembelajaran Daring. Proses pengumpulan data dilaksanakan secara online, yaitu google form sebagai sarana penulisan skala dan melalui media sosial sebagai sarana menyebarkan tautan skala. Teknik analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,622 (p < 0,01) yang berarti ada korelasi positif yang sangat signifikan antara literasi digital dengan kemandirian belajar pada siswa SMA semasa pembelajaran daring. Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima. Adapun sumbangan literasi digital terhadap kemandirian belajar pada siswa SMA semasa pembelajaran daring adalah sebesar 38,7%