PEMASARAN HIJAU DAN SUMBER DAYA MANUSIA HIJAU PADA PERUSAHAAN PROPER DI SEMARANG
Main Authors: | AGUSTINI, MARIA YOSEPHINE DWI HAYU, FERIJANI, AGATHA |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unika.ac.id/29710/1/FMI13%202021%20Makassar-Pemasaran%20%26%20SDM%20Hijau.pdf http://repository.unika.ac.id/29710/2/Pemasaran%20%26%20SDM%20Hijau.pdf.pdf http://repository.unika.ac.id/29710/ |
Daftar Isi:
- Perusahaan dapat menggunakan aspek “hijau” sebagai strategi pemasarannya. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan manufaktur yang mendapatkan penghargaan proper dari Kementrian Lingkungan Hidup. Penghargaan ini menunjukkan bahwa perusahaan dinilai telah melakukan kegiatan usahanya dengan mengelola lingkungan secara baik. Penelitian melihat apakah perusahaan-perusahaan tersebut menggunakan aspek hijau kegiatan usahanya di dalam strategi pemasarannya. Oleh karena SDM merupakan faktor yang memungkinkan terjadinya praktek hijau, maka kontribusi manajemen SDM terhadap praktek hijau tersebut juga dianalisis. Data sekunder dari 22 perusahaan manufaktur proper biru di Semarang dianalisis dengan NVivo untuk mengetahui aktivitas pemasaran dan pengelolaan SDM untuk kemudian ditentukan seberapa hijau strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan tersebut diidentifikasi dengan model strategi pemasaran hijau yang mencakup empat jenis strategi pemasaran. Hasil menunjukkan perusahaan belum menerapkan strategi pemasaran hijau dan manajemen SDM hijau.