HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA MANIK HARGO SUKOREJO
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada siswa yang tinggal di Asrama Manik Hargo Sukorejo. Hipotesis yang diajukan adalah “ada hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada siswa”. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP yang tinggal di Asrama Manik Hargo Sukorejo. Jumlah keseluruhan subjek adalah 40 siswa. Alat ukur yang dipakai pada penelitian ini adalah skala dukungan sosial orang tua dan skala motivasi belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi product moment. Hasil uji hipotesis hubungan dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar pada siswa yang tinggal di Asrama Manik Hargo Sukorejo memperoleh nilai koefisien sebesar 0,578 dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). Sehingga hasil tersebut memiliki hubungan yang positif yang sangat signifikan. Dengan demikian hipotesis diterima dengan sumbangan efektif yang diberikan dukungan sosial orang tua terhadap motivasi belajar sebesar 33,4 %.