HUBUNGAN ANTARA STRES AKADEMIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres akademik dengan motivasi belajar dalam pembelajaran online pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukkan “adanya hubungan negatif antara stres akademik dengan motivasi belajar dalam pembelajaran online pada mahasiswa”. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang angkatan 2021. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah keseluruhan subjek adalah 65 mahasiswa aktif. Alat ukur yang dipakai pada penelitian ini adalah skala stres akademik dan skala motivasi belajar dalam pembelajaran online pada mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukan korelasi sebesar rxy = -554 dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,01) sehingga hasil tersebut memiliki hubungan negatif yang sangat signifikan antara stres akademik dengan motivasi belajar dalam pembelajaran online pada mahasiswa. Hipotesis diterima dengan sumbangan efektif sebesar 30,7%.