Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara interaksi sosial dengan kemandirian pada anak sekolah dasar yang tinggal di Rusunawa Kaligawe Semarang. Hipotesis yang diajukan adalah “ada hubungan yang positif antara interaksi sosial dengan kemandirian pada anak sekolah dasar yang tinggal di Rusunawa Kaligawe Semarang”. Subjek penelitian adalah anak sekolah dasar yang berdomisili di Rusunawa Kaligawe Semarang yang berumur 6 – 12 tahun. Jumlah keseluruhan subjek penelitian ada 10 anak yang diambil dengan teknik incidental sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu skala interaksi sosial dan skala kemandirian yang diperdalam dengan wawancara kepada 10 orang tua anak yang mengisi kedua skala tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi Spearman Rho dikarenakan jumlah subjek hanya 10 anak. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang signifikan, dengan nilai Rho = 0,748, p = 0,013 (p < 0,05). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada hubungan antara interaksi sosial dengan kemandirian pada anak sekolah dasar yang tinggal di Rusunawa Kaligawe Semarang.