HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI MASA PANDEMI COVID-19
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika di masa pandemi covid-19. Hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan positif antara motivasi belajar dan prestasi matematika di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat ukur berupa skala. Terdapat satu skala dalam penelitian ini yaitu motivasi belajar di masa pandemi covid-19. Subjek penelitian berjumlah 67 siswa kelas XI SMA Negeri 14 Semarang. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment. Berdasarkan perhitungan diperoleh koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,227 dengan p=0,032 (p<0.05) artinya ada hubungan positif antara motivasi belajar di masa pandemi covid-19 dengan prestasi belajar matematika, sehingga semakin tinggi motivasi belajar di masa pandemi covid-19 semakin tinggi pula prestasi matematika yang didapatkan. Menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima