Daftar Isi:
  • Rosa Maharani. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Qolbu Insan Mulia Batang). Program Studi : Magister Manajemen. Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang meliputi dimensi tampilan fisik, daya tanggap, kehandalan, jaminan dan empati terhadap kepuasan pasien baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Issac dan Michael dengan jumlah responden sebanyak 63. Data yang didapat dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan dari hasil uji t nilai signifikan yang diperoleh sebesar 0,000<0,05 hal ini diartikan bahwa ada pengaruh secara parsial antara dimensi tampilan fisik, daya tanggap, kehandalan, jaminan dan empati terhadap kepuasan pasien. Hasil Uji Simultan (F) berpengaruh secara simultan dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di RS QIM Batang. Dari hasil koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa 89,7% kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Bagi rumah sakit diharapkan meningkatkan kualitas pelayanan pada dimensi kehandalan dikarenakan nilai hanya dalam kategori cukup baik.