Daftar Isi:
  • Dengan adanya persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut pihak manajemen untuk mengelola perusahaan seefektif dan seefisien mungkin. Salah satu alat untuk merencanakan dan mengendalikan manajemen perusahaan yaitu dengan membuat suatu anggaran. Anggaran yang dibuat bisa baik dan juga buruk. Anggaran buruk jika di dalam menyusun anggaran manajer tidak menyebutkan anggaran sesuai dengan keadaan yang sebenarnya sehingga terjadi budgetary slack. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh reputasi, etika, self esteem dan komitmen organisasi terhadap budgetary slack. Pada penelitian ini menggunakan sampel 63 orang manajer pada perusahaan manufaktur berskala sedang dan besar yang ada di Semarang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi. Berdasarkan pada hasil analisis maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara reputasi, etika, self esteem dan komitmen organisasi terhadap budgetary slack.