PENGARUH KREDIBILITAS BEAUTY VLOGGER TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas beauty vlogger terhadap minat beli produk skincare, dengan menggunakan metode survei pada perempuan generasi Z di Kota Semarang terhadap video reviu Some By Mi Snail Truecica di channel YouTube Suhay Salim. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu kredibilitas beauty vlogger yang terdiri dari 3 indikator keahlian, daya tarik, kepercayaan dan variabel dependen-nya adalah minat beli yang terdiri dari 4 indikator transaksional Referensial, preferensial dan eksploratif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden perempuan generasi Z dengan range umur 15-24 tahun di kota Semarang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden. Penulis menggunakan uji koefisien korelasi, dengan hasil nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 yang menyatakan dua variabel memiliki hubungan. Penulis juga menggunakan model regresi linier sederhana dengan hasil persamaan Y = 1,922 + 0,333 X dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Uji hipotesis menggunakan uji statistik t, yang memiliki hasil Thitung 6.305 > Ttabel 1,661. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa kredibilitas beauty vlogger Suhay Salim berhasil mempengaruhi dan meningkatkan rasa minat beli konsumen dan penjualan produk skincare Some By Mi Snail Truecica.