ANALISIS PERKEMBANGAN PENERIMAAN PAJAK REKLAME DAN BERBAGAI FACTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Main Author: Masyuri, Yosua Ferdinnand
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Perpajakan Unika Soegijapranata Semarang , 2022
Subjects:
Online Access: http://repository.unika.ac.id/28870/1/17.H1.0033-Yosua%20Ferdinnand%20Masyuri.pdf
http://repository.unika.ac.id/28870/
Daftar Isi:
  • Pajak Reklame adalah salah satu pajak yang sangat berpengaruh dalam penerimaan Pendapatan Asli Daerah. Pendapatan Asli Daerah bersumber dari Pajak Daerah, Retribusi, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah Yang Dipisahkan, dan lain-lain PAD yang sah. Dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat, mengolala sumber daya alam, serta sebagai sumber pendapatan dan pendanaan daerah. Tujuan penelitian Untuk mengetahui Perkembangan dan Ketercapaian Penerimaan untuk setiap jenis Pajak Reklame serta Mengetahui Dampak pandemi covid terhadap pajak reklame. Penelitian memakai jenis data Primer dan Sekunder dalam ulasan, serta memakai metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil anilisis dan perhitungan ada berbagai macam faktor yang menyebabkan pajak reklame mengalami kenaikan dan penurunan berupa, faktor wajib pajak, jenis bahan yang di pakai, serta trend di masa pajak saat itu. Penerimaan pajak reklame tidak dapat di bilang mengalami Pertumbuhan secara keseluruhan di karenakan untuk di beberapa penerimaan jenis reklame menggalami penurunan dibandingkan dengan pendapatan/realisasi pada tahun sebelumnya. Untuk Dampak pandemi covid-19 pada perkembangan pajak reklmae untuk berbagai jenis reklame mengalami penurunan dan perkembangan. Dalam hal perkembangan pajak, Secara keseluruhan untuk tahun 2020 sendiri Realisasi memenuhi target yang di anggarkan dengan total nilai penerimaan setiap Realisasi pajak Reklame sebesar Rp 3.226.340.962,-. untuk perkembangan pajak reklame tahu 2020 mengalamai penurunan sebesar -0,15.