ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN E-WALLET SEBAGAI METODE PEMBAYARAN TERHADAP MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA SEMARANG
Daftar Isi:
- Kemajuan era digital yang sangat pesat mempengaruhi teknologi pembayaran di Indonesia, salah satunya adanya pembayaran elektronik yang dikenal dengan nama E-wallet. Perkembangan ini didukung oleh program Bank Indonesia yaitu GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) yang dimulai pada tahun 2014 memiliki tujuan untuk menunjukan kepada masyarakat mengenai adanya pembayaran non tunai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat penggunaan e-wallet dikalangan masyarakat khususnya mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Penelitian ini terdiri dari 6 variabel yakni Perceived usefulness, Perceived ease to use, privacy and security, Behavioral intention to use, Actual use, dan trust. Pengambilan sample dengan metode pengambilan sampel probability sampling sebanyak 350 sampel dari Universitas Katolik Soegijapranata khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan alat bantu berupa Software SmartPLS 3. Hasil pengujian menunjukan bahwa Behavioral Intention to Use (BIU) berpengaruh positif terhadap Actual Use (AU) dalam penggunaan e-wallet, Perceived Usefulness berpengaruh positif terhadap Behavioral intention to use dalam penggunaan e-wallet, Perceived Ease of Use berpengaruh positif terhadap Behavioral intention to use dalam penggunaan e-wallet, Perceived Ease of Use memiliki pengaruh positif terhadap Perceived Usefulness dalam penggunaan e-wallet, Privacy and security tidak memiliki pengaruh positif terhadap Behavioral intention to use dalam penggunaan e-wallet, Privacy and security memiliki pengaruh positif terhadap Trust dalam penggunaan e-wallet, Trust memiliki pengaruh positif terhadap Behavioral intention to use dalam penggunaan e-wallet.