HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP PROFESI GURU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DENGAN KUALITAS HIDUP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara sikap terhadap profesi dengan kualitas hidup pada guru Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Hipotesis yang diajukan adalah “Ada hubungan positif antara sikap terhadap profesi dengan kualitas hidup pada guru ABK”. Subjek penelitian adalah guru ABK yang merupakan guru di sekolah khusus ABK di Kota Semarang dengan mempertimbangkan pengalaman mengajar pada guru ABK Jumlah keseluruhan subjek penelitian adalah 51 guru ABK. Alat ukur yang digunakan adalah Skala. Sikap terhadap Profesi dan Skala Kualitas Hidup (WHOQOL-BREF). Alat ukur yang digunakan sudah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari pearson. Hasil penelitian menunjukan korelasi yang sangat signifikan (r=0,414, p ≤ 0,001). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara sikap terhadap profesi dengan kualitas hidup pada guru ABK.