HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN DARING
Daftar Isi:
- Penelitian ini diangkat dengan permasalahan adanya perubahan sistem pembelajaran dari offline menjadi online, dimana harus adanya penyesuaian agar mahasiswa tidak terhambat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar sistem daring pada mahasiswa. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah adanya hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar sistem daring pada mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, dengan sampel sebanyak 60 mahasiswa dari angkatan 2017-2019. Metode pengumpulan data menggunakan dua skala yaitu Skala Motivasi Belajar dan Skala Dukungan Sosial. Metode Analisis data yang digunakan adalah Uji Korelasi Product Moment Pearson, berdasarkan perhitungan didapatkan rxy = 0,311** dengan nilai p = 0,008 (p < 0,05), artinya ada hubungan positif signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar sistem Daring pada mahasiswa. Berdasarkan hasil perhitungan, diketahui hipotesis penelitian diterima, yaitu adanya hubungan positif antara dukungan sosial orangtua dengan motivasi belajar sistem daring pada mahasiswa, semakin tinggi dukungan sosial yang diberikan, maka semakin tinggi pula motivasi belajar mahasiswa, dan sebaliknya. Sumbangan efektif dari dukungan sosial orangtua terhadap motivasi belajar sebesar 9,67.