Daftar Isi:
  • Total Quality Management (TQM) adalah model pengelolaan perusahaan yang dapat mendorong perusahaan untuk tetap survive dan sekaligus mampu menjadi salah satu pemenang dalam persaingan global. Penerapan teknik TQM dalam perusahaan akan semakin efektif dalam meningkatkan kinerja manajerial bila dipadukan dengan sistem pengukuran kinerja yang sering, sistem penghargaan yang baik, serta adanya kepuasan kerja yang tinggi sebagai variabel moderating Penelitian dilakukan dengan teknik kuesioner dan diperoleh sebanyak 45 sampel dari 29 perusahaan dengan objek penelitian para middle manager dari perusahaan berskala sedang dan besar di Semarang. Hasil diperoleh bahwa sistem pengukuran kerja dan sistem penghargaan dengan signifikansi 0,161 dan 0,094 yang lebih besar dari alpha 0,05 sehingga dikatakan tidak mempunyai pengaruh moderating terhadap interaksi teknik TQM dengan kinerja manajerial. Sedangkan variabel kepuasan kerja dengan signifikansi 0,009 yang lebih kecil dari alpha 0,05 meunjukkan bahwa varibel kepuasan kerja mempunyai pengaruh moderating terhadap interaksi teknik TQM dengan kinerja manajerial, berarti penerapan teknik TQM akan semakin efektif dalam meningkatkan kinerja manajerial bila didukung dengan adanya kepuasan kerja.