Transnasionalisasi Budaya Populer Amerika di Indonesia yang Dikaji dengan Perspektif Hibrida Budaya
Main Author: | Dukut, Ekawati Marhaenny |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Katolik Soegijapranata
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unika.ac.id/28361/1/III.A.2.b%20%284%29Transnasionalisasi%20Budaya%20Populer%20Amerika%20di%20Indonesia_ST.pdf http://repository.unika.ac.id/28361/2/Report%20Turnitin_III.A.2.b%20%284%29Transnasionalisasi%20Budaya%20Populer%20Amerika%20di%20Indonesia.pdf http://repository.unika.ac.id/28361/ |
Daftar Isi:
- Penelitian payung ini terwadahi dalam ilmu Kajian Budaya. Diawali dengan disertasi Ketua Peneliti tentang hegemoni budaya Amerika Serikat yang mempengaruhi iklan kosmetik di berbagai majalah wanita di dunia dan pengalaman mengajarkan Kajian Budaya Populer kepada mahasiswa di Fakultas Bahasa dan Seni, maka diperlukan estafet penelitian Kajian Budaya kepada dosen yang lebih junior dan mahasiswa sehingga karya penelitian dalam ilmu ini menjadi marak seiring dengan berkembangnya ilmu. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif supaya hasil analisisnya dapat dituliskan secara deskriptif. Produk-produk yang dibahas untuk membuktikan bahwa penelitian anggota dapat dipayungi semua dalam ilmu Budaya Populer terdiri dari ketenaran (1) film kartun SpongeBob SquarePants, (2) iklan kosmetik Vaseline Hand Body lotion dari Amerika dan Indonesia, (3) aplikasi TikTok dari Cina dan (4) musik Punklung. Analisis isi produk Budaya Populer dengan perspektif Hibrida Budaya film kartun dilakukan dengan pendekatan Marxisme, sedangkan untuk iklan kosmetik dengan semiotika Roland Barthes, dan untuk aplikasi TikTok beserta musik punklung menggunakan fenomenologi. Luaran penelitian payung ini adalah diselesaikannya proposal skripsi pada saat permulaan penelitian dari tiga mahasiswa sampai dengan selesainya penulisan skripsi pada akhir waktu penelitian, yang ada dalam bimbingan Ketua Peneliti. Luaran lain adalah dipresentasikannya Sebagian penelitian dalam forum ilmiah nasional dan internasioinal. Selain itu, ada luaran artikel yang di publikasikan di jurnal terakreditasi dan ditayangkannya video dokumenter di YouTube yang diproses untuk mendapatkan sertifikat HKI. Kata kunci — budaya populer, hibrida budaya, transnasionalisasi