HUBUNGAN EMOSI AKADEMIK DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN SELF-REGULATED LEARNING PADA MAHASISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara emosi akademik dan dukungan sosial teman sebaya dengan self-regulated learning pada mahasiswa. Hipotesis pertama adalah ada hubungan antara emosi akademik dan dukungan sosial teman sebaya dengan SRL Hipotesis kedua adalah ada hubungan positif antara emosi akademik dengan SRL. Hipotesis ketiga adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan SRL. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan tiga skala penelitian yaitu skala SRL, skala emosi akademik, dan skala dukungan sosial teman sebaya. Subyek penelitian adalah 100 mahasiswa di Kota Semarang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan korelasi product moment.. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan nilai koefisien korelasi R=0,478 dengan p<0,01. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan korelasi rx1y sebesar 0,370 dengan p<0,01.. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan korelasi rx2y sebesar 0,399 dengan nilai signifikansi p<0,01. Dengan ini ketiga hipotesis diterima. Sumbangan efektif emosi akademik dan dukungan sosial teman sebaya terhadap SRL mahasiswa adalah sebesar 22,9%.