HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIK DENGAN KETIDAKJUJURAN AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan akademik dengan ketidakjujuran akademik dalam pembelajaran online pada mahasiswa. Hipotesis yang diajukan adalah “adanya hubungan positif antara kecemasan akademik dengan ketidakjujuran akademik dalam pembelajaran online pada mahasiswa”. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen dan Fakultas Bahasa dan Seni angkatan 2018 dan 2019 pada Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling. Jumlah keseluruhan subjek adalah 80 mahasiswa aktif. Alat ukur yang dipakai pada penelitian ini adalah skala ketidakjujuran akademik dalam pembelajaran online dan skala kecemasan akademik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi spearman rho. Hasil uji hipotesis hubungan kecemasan akademik dengan ketidakjujuran akademik dalam pembelajaran online pada mahasiswa memperolehnilai koefisien rhosebesar 0,683 dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,01) sehingga hasil tersebut memiliki hubungan yang positif yang sangat signifikan. Dengan demikian hipotesis diterima dengan sumbangan efektif yang diberikan pada kecemasan akademik terhadap ketidakjujuran akademik dalam pembelajaran online pada mahasiswa sebesar 46,64%.