HUBUNGAN KESADARAN DIRI DENGAN KEDISIPLINAN MAHASISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kesadaran diri dengan kedisiplinan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring. Hipotesis yang diajukan yaitu “terdapat hubungan positif antara kesadaran diri dengan kedisiplinan mahasiswa dalam pembelajaran daring”. Subjek penelitian yaitu mahasiswa aktif (semester 4-8) fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang yang sedang mengikuti pembelajaran daring. Jumlah keseluruhan subjek penelitian sebanyak 70 mahasiswa. Alat ukur yang digunakan yaitu Skala Kedisiplinan Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring dan Skala Kesadaran Diri dan sudah teruji validitas serta reliabilitasnya. Pengambilan data menggunakan Google Formulir sebagai media pengisian skala. Teknik analisis data dalam penelitian ini memakai teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang signifikan dengan nilai r = 0,414 dan p = 0,000 (p < 0,01). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kesadaran diri dengan kedisiplinan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring.