HUBUNGAN STRES AKADEMIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MAHASISWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan stres akademik dengan motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran online. Hipotesis yang diajukan penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif antara stres akademik dengan motivasi belajar dalam pembelajaran onlineyang artinya semakin tinggi stres akademik maka akan semakin rendah motivasi belajar mahasiswa dalam pembelajaran online, begitu pula sebaliknya. Partisipan penelitian ini adalah 107 mahasiswa semester 2 dan 4 Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Semarang dengan menggunakan accidental sampling.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan skala motivasi belajar dan stres akademik yang disebar melalui google form. Hasil penelitian ini diuji menggunakan teknik uji korelasi dari Pearson dengan hasil koefisien korelasi sebesar -0,06 dan nilai signifikansi 0,539 yang menunjukkan hipotesis ditolak. Artinya, tidak ada hubungan antara stres akademik dengan motivasi belajar pada mahasiswa dalam pembelajaran online.