PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING TERHADAP KINERJA UMKM MINUMAN JUS DI KOTA SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh entrepreneurial marketing terhadap kinerja UMKM minuman jus yang ada di Kota Semarang. Melalui dimensi-dimensi yang ada di dalam entrepreneurial marketing yaitu : proactiveness, innovativeness, calculated, risk taking, opportunity focus, customer intensity, resource leveraging dan value creation diharapkan dapat memberikan referensi kepada UMKM minuman jus untuk dapat menerapkan dimensi entrepreneurial marketing di dalam kinerja UMKM itu sendiri. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari penyebaran kuesioner melalui sosial media seperti Instagram, Whatsapp dan juga Facebook. Sampel pada penelitian ini adalah 40 responden pemilik UMKM minuman jus yang ada di Kota Semarang. Pada hasil penelitian ini yang mana ada tujuh dimensi dalam entrepreneurial marketing yang di uji, menunjukan bahwa ada dimensi yang berpengaruh kepada kinerja UMKM. Untuk uji parsial menunjukan bahwa dimensi innovativeness berpengaruh terhadap kinerja UMKM minuman jus yang ada di Kota Semarang. Sedangkan enam dimensi lainnya yaitu proactiveness, calculated, risk taking, opportunity focus, customer intensity, resource leveraging dan value creation tidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja UMKM minuman jus yang ada di Kota Semarang