Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan pengaruh 7 (tujuh) dimensi entrepreneurial marketing pada kinerja UMKM makanan sarapan pagi di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM makanan sarapan pagi yang ada di Kota Semarang yang berasal dari daftar UMKM Kota Semarang, yang kemudian diambil 30 responden sebagai sampel untuk penelitian ini. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara quota purposive sampling, dimana harus ada kriteria tertentu yang dipenuhi oleh responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari penyebaran kuesioner melalui sosial media seperti Whatsapp. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan alat analisis deskriptif statistik dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 7 dimensi entrepreneurial marketing secara simultan memiliki pengaruh positif terhadap kinerja UMKM. Untuk uji secara parsial menunjukan bahwa 7 dimensi entrepreneurial marketing memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja UMKM. Nilai R Square yang diperoleh sebesar 0,366 yang artinya 7 dimensi entrepreneurial marketing memiliki pengaruh terhadap kinerja UMKM sebesar 36,6%.