Daftar Isi:
  • Dengan berkembangnya teknologi di era media baru saat ini, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling populer dalam komunikasi pemasaran, salah satunya pemasaran event. Semarang Hijab & Expo adalah salah satu pameran yang memanfaatkan Instagram sebagai media promosi di media sosial. Tujuan dari promosi guna mengenalkan barang atau jasa kepada konsumen. Kegiatan promosi pada sekarang ini, diperlukan langkah – langkah untuk menuju keberhasilan dalam promosi. Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan pendekatan komunikasi pemasaran dalam mempromosikan pameran Semarang Hijab & Expo melalui media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan proses perolehan data yaitu wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknis analisis validitas dan reliabilitas serta analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil akhir penelitian ini adalah pemanfaatan Instagram dalam mempromosikan pameran Semarang Hijab & Expo melalui meningkatkan promosi, inovasi konsep baru, serta menambah kepercayaan mitra dan pengunjung pameran. Semarang Hijab & Expo melakukan promosi melalui fitur – fitur Instagram dengan cara mengunggah konten terkait informasi pameran, mengadakan giveaway bagi pengikut instagram @promotor_imperium_indonesia, serta menciptakan suasana santai tapi tetap memberikan sentuhan islami pada setiap konten. Saran dari penelitian ini untuk mengoptimalkan fitur yang digunakan sebagai sarana promosi dan mengembangkan konsep baru, target pasar dan jumlah pengikut instagram yang meningkat