PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN SPIRITUAL, PENALARAN MORAL, DAN GENDER TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI ETIKA PROFESI AKUNTAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk meneliti faktor yang berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai etika profesi akuntan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode convenience sampling dengan menggunakan kuesioner. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada mahasiswa akuntansi universitas terakreditasi A di Semarang. Responden penelitian ini berjumlah 96 mahasiswa. Metode analisis data menggunakan smartpls yang terbagi menjadi outer model, inner model, uji hipotesis bootstraping dan uji beda statistik. Hasil penelitian menunjukkan : (1) kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai etika profesi akuntan, (2) kecerdasan intelektual tidak berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai etika profesi akuntan, (3) kecerdasan spiritual tidak berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai etika profesi akuntan, (4) penalaran moral berpengaruh positif terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai etika profesi akuntan, (5) tidak ada perbedaan signifikan persepsi mahasiswa antara wanita dan pria.