Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat atau konsumen di Kota Semarang untuk menggunakan mobile banking Jenius dengan menggunakan model TAM (Technology Acceptance Model) sebagai dasar untuk mengidentifikasi dan menjelaskan faktor-faktor yang mampu mempengaruhi keputusan seseorang untuk menggunakan mobile banking Jenius. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menyebarkan kuesioner secara online menggunakan google form yang dibagikan pada 101 responden pengguna dan bukan pengguna mobile banking jenius yang terdiri dari 53 wanita dan 48 pria di Kota Semarang. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis SEM. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan sesungguhnya (actual use) seseorang menggunakan mobile banking jenius di kota Semarang dilandasi dengan adanya niat untuk menggunakan, sedangkan niat berperilaku (behavioral intention to use) seseorang untuk bisa menerima dan menggunakan mobile banking jenius dipengaruhi oleh sikap (attitude), namun pengguna tetap dapat mengevaluasi atau membandingkan penggunaan dengan mobile banking lain yang menyebabkan persepsi kemudahan (perceived ease of use) tidak didukung oleh sikap penggunaan (attitude toward use) dan diperoleh hasil bahwa kegunaannya (perceived usefulness) juga di pengaruhi oleh persepsi kemudahan dalam menggunakan mobile banking jenius.