Daftar Isi:
  • Di era digital, muncul fenomena pemanfaatan media sosial sebagai wadah membangun personal brand online oleh pengguna yang ingin membentuk cognition. Namun masih banyak pengguna yang memilih membuat konten viral bermuatan negatif sebagai jalan pintas untuk mengejar “instant fame”, walau banyak kasus yang menunjukkan bahwa hal tersebut seringkali merugikan. Padahal memanfaatkan media sosial untuk membangun personal brand online yang positif justru dapat memberikan manfaat. Menurut ahli, memulai kegiatan membangun personal brand yang positif bukan kegiatan instan karena terdapat beberapa faktor dan kriteria penting yang berguna sebagai bekal yang memberikan manfaat jika dipahami dan diterapkan di awal. Suatu media perlu dirancang, untuk mengemas faktor dan kriteria penting tersebut sehingga dapat mudah dipahami dan dapat membantu kegiatan pengguna dalam memulai kegiatannya membangun personal brand online yang positif. Media berbentuk aplikasi seluler, dipilih karena efektif menawarkan kemudahan aksesibilitas yang mendukung proses edukasi di era digital. Pada laporan ini, visualisasi dari fitur-fitur dan kegiatan di dalam aplikasi yang mengemas faktor dan kriteria penting pembentuk personal branding akan dirancang.