FEAR OF MISSING OUT (FOMO) PADA GENERASI Z
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami dinamika psikologis generasi Z yang mengalami FoMO khususnya dari segi penyebab. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu tiga orang yang merupakan generasi Z, terbukti mengalami FoMO tinggi berdasarkan skala Przybylski yang diadaptasi oleh Syabani (2019) serta aktif menggunakan media sosial. Menurut data dan analisis yang dilakukan, ketiga subjek cukup erat dengan media sosial. Ada tiga hal yang mempengaruhinya yaitu waktu luang, trending dan second account. Keeratannya akan media sosial ini sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan akan competence, relatedness serta autonomy. Salah satu subjek juga menyebutkan bahwa motifnya adalah untuk berjaga-jaga. Namun, ketiga subjek seringkali merasa berlebihan dan tidak puas dalam mencari informasi sehingga menyebabkan kebutuhan-kebutuhan tersebut cenderung rendah. Rendahnya pemenuhan kebutuhan ini menyebabkan Fear of Missing Out (FoMO) pada ketiga subjek.