Daftar Isi:
  • Proyek akhir arsitektur ini dilatarbelakangi pemerataan pendidikan untuk kaum disabilitas yang selama ini terpinggirkan oleh masyarakat baik dalam haknya menerima perlakuan yang sama, maupun hak menerima pendidikan yang sama dengan manusia pada umumnya. Saat ini khususnya di Jawa Tengah belum ada sekolah inklusi yang dapat menjadi rujukan bagi penderita disabilitas. Sekolah inklusi yang ada rata-rata merupakan sekolah umum yang dipaksakan menerima siswa disabilitas. Sekolah inklusi menjadi jawaban dalam pendidikan modern untuk memberikan kaum disabilitas haknya yang selama ini ‘dikucilkan’ oleh masyarakat. Dalam lingkungan inklusif, siswa disabilitas mendapatkan kesempatan dan hak yang sama dengan siswa-siswa normal lainnya. Adapun proses desain sekolah inklusi berkaitan erat dengan behaviour atau perilaku dari pengguna bangunannya, baik sirkulasi, besaran ruang, warna, dimensi, dsb.