Pendekatan Belajar Eksperiensial Untuk Meningkatkan Pemahaman Generasi Muda Tentang Credit Union
Daftar Isi:
- Credit Union (CU) adalah lembaga keuangan mikro yang dimiliki bersama oleh anggotanya dan bertujuan menyejahterakan anggotanya. Generasi muda (generasi milenial dan generasi Z) merupakan target anggota yang sangat potensial karena telah mendominasi populasi penduduk Indonesia saat ini dengan persentase 53,81% (Badan Pusat Statistik, 2021). Sayangnya, masih banyak generasi muda yang belum mengenal CU dengan baik, sehingga enggan bergabung menjadi anggota CU. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk membuat generasi muda dapat mengenal CU secara lebih mendalam, sehingga muncul keinginan dari dalam diri untuk bergabung dengan CU dan merencanakan masa depan mereka dengan baik. Pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan belajar eksperiensial dalam wujud kompetisi infografis digital. Dengan mendesain dan membuat infografis digital, peserta “dipaksa” untuk mencari dan mengonstruksi informasi sebanyak-banyaknya tentang CU. Dari hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan, metode experiential learning yang digunakan dalam pengabdian ini memiliki efek yang positif terhadap pengetahuan peserta mengenai Credit Union. Selain itu, kegiatan ini juga cukup berhasil menarik minat dan perhatian dari pengguna media sosial Instagram, ditunjukkan dengan jumlah likes yang banyak di social media peserta lomba.