ANALISIS ASPEK HIJAU DALAM PELAKSANAAN DIGITAL MARKETING
Main Authors: | Anugraheni, Dyah Titisari, Agustini, Dwi Hayu, ATHANASIUS, SENTOT SUCIARTO, Retnawati, Berta Bekti, Perwito, A. Haryo |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universtitas Katolik Soegijapranata
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unika.ac.id/26335/1/Laporan%20penelitian%20Green.pdf http://repository.unika.ac.id/26335/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tahun kedua yang merupakan kelanjutan dari penelitian tentang implementasi digital marketing pada bisnis ditinjau dari perspektif pengusaha dan konsumen yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Hasil penelitian dari kedua perspektif menunjukkan bahwa implementasi digital marketing sudah mencapai tingkat yang tinggi. Artinya, baik pengusaha maupun konsumen sudah menggunakan fasilitas digital (internet) dalam aktivitas pemasaran dan pembeliannya. Sesuai dengan roadmap penelitian yang telah ditetapkan, penelitian pada tahun kedua ini difokuskan pada konteks green marketing, yaitu adakah dan sejauh mana penerapan aspek hijau pada aktivitas digital marketing yang dilaksanakan perusahaan. Penetapan pada konteks hijau ini didasarkan pada kontribusi pelaksanaan digital marketing terhadap kerusakan lingkungan melalui sampah plastik yang dihasilkan dari kegiatan penyampaian produk. Penelitian direncanakan menggunakan responden pengusaha yang sama pada penelitian sebelumnya, namun karena rendahnya response rate, kekurangan jumlah responden dicari dari pengusaha lain yang melakukan pemasaran dengan convenience sampling. Data yang dikumpulkan dengan google form dari 24 responden dianalisis dengan metode deskriptif analitis. Hasil menunjukkan bahwa terdapat aspek hijau di dalam aktivitas digital marketing. Namun penerapannya hanya dalam tahap penciptaan nilai, yaitu dalam bentuk pertimbangan hijau di dalam memilih produk yang diproduksi/dijual. Aspek hijau belum diterapkan di dalam pengkomunikasian dan penghantaran nilai.