PELATIHAN MANAJEMEN DAN TEKOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI UMKM KERAJINAN DI KABUPATEN PEKALONGAN
Main Authors: | IRMAWATI, BERNADETA, NUGRAHANINGSIH, TRI HARDJANTI, RETNAWATI, BERTA BEKTI, LEONG, HIRONIMUS, YUDANTAMA, REYNOLD, PERWIRADJATI DP, YOHANES, HERMAWAN, FELICIA, APRILIA, ELVIRA, SULISTIO I, ENRICO, GERARLD P, VICHAEL |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unika.ac.id/26323/1/402210629111356_laporanpengabdianpklngan21.pdf http://repository.unika.ac.id/26323/ |
Daftar Isi:
- Kabupaten Pekalongan terkenal dengan kerajinan yang berbahan baku eceng gondok, akar wangi dan mendong. UMKM yang bergerak dalam bidang usaha kerajinan cukup banyak, produk yang dihasilkan mereka dalam bentuk taplak meja atau pun alas makan, selaian produk jadi beberapa dari mereka menjual produk bahan setengah jadi kepada pihak lain. Namun kondisi pandemic covid 19 menjadikan beberapa pegusaha mencari produk sampingan yaitu menjual fesyen dalam bentu celana pendek dan celana panjang, demikian yang dialamioleh p Wahyudin bersama kelompoknya yang tinggal di Desa Pakembulan Kecamatan Buaran kabupaten Pekalongan. Penjualan melalui digital mempermudah pelaku usaha menjual produknya , bagi konsumen sendiri tidak perlu dating ke toko. Untuk meningkatkan penjualan maka dilakukan pelatihan digital marketing melalui instagram dan shopee. Dalam pelatihan memerlukan pengetahuan, ketrampilan dan adaptasi dalam proses penjulan produk. MEtode pelatihan yang digunakan adalah partisipatif Diharapkan dengan pelatihan pembuatan akun instagram dan akun shopee dapat meningkatkan penjualan produknya