STRESS DAN COPING PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN B (SLB/B)

Main Authors: RAHAYU, ESTHI, Nugraheni, Rosalia Hapsari
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unika.ac.id/25908/1/58120012432017G1_Seminar%20Nasional%20di%20BAPPEDA.pdf
http://repository.unika.ac.id/25908/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang stress dan coping yang dialami oleh guru sekolah luar biasa bagian B (SLB/B). Manfaat teoritis penelitian ini adalah mampu menyumbang ilmu dalam Psikologi Klinis khususnya tentang kesehatan mental guru yang bekerja di SLB/B. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terhadap lima guru SLB/B Dena Upakara Wonosobo yang aktif bekerja selama 20 tahun atau lebih. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah stres yang dialami oleh guru-guru disebabkan oleh kesulitan komunikasi dengan siswa, kebijakan sekolah (administrasi, kurikulum), tuntutan orangtua siswa dan keluarga. Problem focused coping yang digunakan oleh kelima guru adalah keaktifan diri dan dukungan sosial sebagai alat. Emotion focused coping yang digunakan oleh kelima guru adalah pemahaman secara postif, berpaling pada agama dan dukungan secara emosional.