STUDI KONSEP JOHARI WINDOW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI ANAK TUNAGRAHITA DENGAN KONSEP HIERARCHY OF NEEDS DI FILM FORREST GUMP
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal dalam memotivasi tokoh anak berkebutuhan khusus di Film Forrest Gump. Komunikasi interpersonal merupakan pertukaran informasi yang dianggap paling efektif dan prosesnya dapat dilakukan dengan cara sederhana. Film Forrest Gump merupakan salah satu film yang mengisahkan tentang kehidupan seorang penyandang tunagrahita yang bisa berkembang menjadi lebih baik dengan pemberian motivasi yang tepat dari lingkungannya. Film ini menunjukkan hubungan antara komunikasi interpersonal dengan motivasi bagi penyandang tunagrahita. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan teknik pengungkapan diri Jendela Johari untuk menganalisis tiap scene yang mempresentasikan komunikasi interpersonal yang memotivasi. Terdapat 4 bagian dari teknik Jendela Johari yaitu daerah terbuka, daerah buta, daerah tertutup, dan daerah tidak diketahui. Studi ini juga menggunakan teori Hierarki Kebutuhan milik Abraham Maslow sebagai dasar motivasi. Hasil dari studi menunjukkan bahwa pencarian motivasi yang tepat dapat ditemukan saat melakukan pengungkapan diri yang terdapat dalam komunikasi interpersonal