Daftar Isi:
  • Setiap orang membutuhkan etika dalam berperilaku yang baik sebagai dasar dalam bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Penelitian tentang etika ini didasari dari banyak kasus pelanggaran etika yang sering terjadi dalam dunia bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penalaran moral, sensitivitas etika, love of money, sifat machiavellian, idealisme, dan relativisme terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi. Penelitian ini menggunakan data dari 166 mahasiswa aktif di Universitas Negeri maupun Swasta yang memiliki program studi Akuntansi S1 di Semarang dengan menggunakan metode convenience sampling. Hasil penelitian ini adalah (1) Penalaran moral berpengaruh positif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi, (2) Sensitivitas etika berpengaruh positif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi, (3) Love of money tidak berpengaruh negatif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi, (4) Sifat machiavellian tidak berpengaruh negatif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi, (5) Idealisme tidak berpengaruh positif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi, (6) Relativisme tidak berpengaruh negatif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi