PENGARUH KEPRIBADIAN WIRAUSAHA DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS KATOLIK SOEGIJAPRANATA SEMARANG
Daftar Isi:
- Seorang yang memiliki minat berwirausaha dituntut untuk memiliki kepribadian dan pengetahuan kewirausahaan yang mencukupi. Seorang yang memiliki minat untuk berwirausaha harus memiliki kepribadian dan juga pengetahuan khusus terkait dengan bisnis yang akan dijalankan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian wirausaha dan pengetahuan kewirausahaan baik secara parsial maupun simultan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIKA Soegijapranata Semarang, dan ukuran jumlah sampel sebesar 45 responden, dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sumber data penelitian adalah data primer, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepribadian wirausaha secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha; (2) Pengetahuan kewirausahaan secara pasrial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha; (3) Kepribadian wirausaha dan pengetahuan kewirausahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha