Daftar Isi:
  • Saat ini konsumen menganggap bahwa kopi menjadi salah satu kebutuhan sebelum memulai kesibukan mereka, atau sebagai teman dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Banyak coffee shop yang muncul di dekat sekolah, kampus, atau di daerah yang mudah dijangkau oleh semua kalangan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menyusun rencana bisnis Café de Elven. Teknik analisis yang akan digunakan adalah metode analisis kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dan pelaku usaha cafe pesaing yaitu Doubel Scoop & Tree Cafe, Moment Coffee & Space dan Kopitiga. Sedangkan penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel yang akan diambil adalah 50 orang konsumen Doubel Scoop & Tree Cafe, Moment Coffee & Space dan Kopitiga. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Café de Elven dianggap layak untuk dijalankan sebagai suatu bisnis sesuai dengan aspek-aspek business plan.