Daftar Isi:
  • Penelitian ini akan menganalisis pengaruh Faktor Internal, Faktor Eksternal dan Kemandirian Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Pemilihan Jalur Konsentrasi Mahasiswa Akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Pada penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa Unika Soegijapratana dari empat jalur konsentrasi. Alat analisis yang digunakan adalah dengan uji validitas, reliabilitas, model fit dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi logistik. Berdasarkan pada hasil analisis dan pembahasan pada bagian sebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Motivasi diri sendiri berpengaruh positif terhadap pemilihan jalur konsentrasi mahasiswa akuntansi manajemen. Artinya mereka memilih akuntansi manajemen karena dorongan motivasi dari dalam dirinya kuat. (2) Motivasi orang lain tidak mempengaruhi pemilihan jalur konsentrasi mahasiswa akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, sistem informasi dan auditing. (3) Proses perkuliahan berpengaruh positif terhadap pemilihan jalur konsentrasi akuntansi manajemen. Artinya mahasiswa memilih jalur konsentrasi akuntansi manajemen karena proses perkualiahannya menarik. Proses perkuliahan berpengaruh negatif terhadap pemilihan jalur konsentrasi system informasi, artinya meskipun proses perkuliahannya tidak menarik tetapi mahasiswa tetap memilih jalur konsentrasi ini. (4) Keterkaitan mata kuliah berpengaruh positif terhadap jalur konsentrasi akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen, artinya mahasiswa memilih jalur konsentrasi ini karena keterkaitan mata kuliah yang mendukung, Keterkaitan mata kuliah berpengaruh negatif terhadap jalur konsentrasi auditing, artinya mahasiswa tetap memilih jalur konsentrasi ini meskipun keterkaitan mata kuliahnya tidak mendukung. (5) Faktor eksternal berpengaruh negatif terhadap jalur konsentrasi akuntansi keuangan, artinya mahasiswa tetap memilih jalur konsentrasi akuntansi keuangan meskipun faktor eksternalnya tidak mendukung. Faktor eksternal berpengaruh positif terhadap jalur konsentrasi sistem informasi, artinya mahasiswa memilih jalur konsentrasi ini karena faktor eksternalnya mendukung. (6) Keterkaitan mata kuliah berpengaruh negatif terhadap jalur konsentrasi akuntansi keuangan, artinya mahasiswa tetap memilih jalur konsentrasi ini meskipun keterkaitan mata kuliahnya tidak mendukung. Keterkaitan mata kuliah berpengaruh positif terhadap jalur konsentrasi auditing, artinya kemandirian dalam pengambilan keputusan mendukung mahasiswa dalam memilih konsentrasi ini.