PENGARUH KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA BUTIK DI KOTA SEMARANG
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan pasar peluang untuk berbisnis pakaian, karena semakin bertambahnya jumlah penduduk Indonesia yang membutuhkan kebutuhan dasar mereka yaitu pakaian. Dengan banyaknya minat konsumen, membuat para pengusaha melihat peluang tersebut. Kondisi tersebut menjadi tantangan para pengusaha yang mempunyai butik baju untuk berlomba-lomba dalam memasarkan produk mereka kepada konsumen. Dalam menjalankan usaha, wirausaha membutuhkan kemampuan agar usaha yang sedang dijalankannya dapat maju dan berkembang serta nantinya dapat berhasil sesuai dengan apa yang diharapkan oleh wirausaha. Dalam menjalankan usaha, wirausaha membutuhkan kemampuan agar usaha yang sedang dijalankannya dapat maju dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengarauh karakteristik kewirausahaan terhadap keberhasilan usaha butik di Kota Semarang. Karakteristik tersebut mencakup, motivasi berprestasi, orientasi ke masa depan, kepemimpinan, jaringan usaha, dan menghadapi perubahan. Penelitian ini menggunakan sampel sebnayak 35 wirausaha butik yang ada di Kota Semarang. Untuk analisis data penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan alat uji SPSS. Dan untuk pengujian hipotesis menggunakan Uji t dan Uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orinetasi ke masa depan, kepemimpinan dan menghadapi perubahan berpengaruh terhadap keberhasilan usaha. Sedangkan untuk motivasi berprestasi dan jaringan usaha tidak berpengaruh terhadap keberhasilan usaha.