Daftar Isi:
  • Menumbuhkan minat berwirausaha merupakan sesuatu yang penting bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Mahasiswa konsentrasi kewirausahaan jurusan manajemen fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang seharusnya memiliki minat untuk berwirausaha yang tinggi namun dari wawancara pendahuluan, diketahui bahwa 70% dari mahasiswa yang diwawancara merasa lebih berminat untuk mencari pekerjaan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata. Teknik analisis yang akan digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FEB Universitas Katolik Soegijapranata jurusan manajemen yang sedang mengikuti kuliah konsentrasi kewirausahaan. Sedangkan penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu mahasiswa FEB Universitas Katolik Soegijapranata jurusan manajemen yang sedang mengikuti kuliah konsentrasi kewirausahaan dengan jumlah 69 orang mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, secara parsial kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata