Daftar Isi:
  • Penelitian ini menguji secara empirik pengaruh pelatihan komunikasi interpersonal terhadap peningkatan penyesuaian diri siswa smk. Penelitian ini dilakukan di SMK X dengan jumlah subjek 16 orang siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan model one group pretest-posttest yaitu dengan memberikan skala penyesuaian diri sebelum dan sesudah pelatihan komunikasi interpersonal diberikan. Metode analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan didapatkan hasil nilai Z sebesar -2,612 dan p value (1-tailed) sebesar 0,0045 lebih kecil dibandingkan 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima yang berarti ada perbedaan tingkat penyesuaian diri antara sebelum dan setelah mengikuti pelatihan komunikasi interpersonal. Penyesuaian diri meningkat setelah mengikuti pelatihan komunikasi interpersonal dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan komunikasi interpersonal.