Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan motivasi berprestasi terhadap peningkatan psychological well-being remaja panti asuhan. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada peningkatan psychological well-being pada remaja panti asuhan setelah diberikan pelatihan motivasi berprestasi. Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Santo Thomas Bergas, Sruwen dengan jumlah subjek 18 remaja yang duduk dibangku SMA/SMK. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group pre test post test design. Pengujian tingkat psychological wellbeing pada remaja panti asuhan menggunakan skala psychological well-being yang diberikan sebelum dan sesudah pelatihan motivasi berprestasi dilaksanakan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Tes ranking-bertanda Wilcoxon. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa hipotesis yang diajukan diterima karena ada peningkatan psychological well-being pada remaja panti asuhan setelah diberikan pelatihan motivasi berprestasi yang ditunjukan dari nilai Z = -2.575 dan Asymp. Sig. (1-tailed) = 0.005 ; (p ≤ 0,01)