HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA BEKERJA
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan motivasi belajar mahasiswa bekerja. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara interaksi sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa bekerja. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang aktif berkuliah berumur 18-25 tahun, memiliki pekerjaan dengan waktu bekerja ≥ 40 jam dalam seminggu, sudah bekerja selama 1 tahun dan berdomisili di Kota semarang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 64 orang mahasiswa bekerja. Alat ukur yang digunakan yaitu skala Interaksi Sosial dan skala Motivasi Belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian diperoleh nilai korelasi sebesar 0,761 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara interaksi sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa bekerja. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.